Jumat, 18 Desember 2020

Webinar Kebangsaan

Makna Pancasila 



Makna Pancasila sebagai dasar negara menjadi landasan, fondasi utama, titik acuan Bangsa Indonesia dalam mengatur bangsa. Tanpa memahami maknanya, Pancasila akan dianggap sebagai slogan semata. Pancasila sebagai filsafat seimbang, bahwa keberadaan manusia di dunia ini diadakan oleh yang maha ada . Seluruh karta manusia diungkapkan oleh kata sifat. Ketuhanan, kemanusian, persatuan, kemusyawaratan, Keadilan . Dan titik temu sifat tuhan dari berbagai agama adalah tuhan yang maha pengasih. Dengan berketuhanan dapat memperkuat persatuan. Sebenarnya setiap jatuh bangunnya peradaban adanya kebangkitan dimensi spiritual.  Manusia harus ada dengan yang lain atas dasr cinta kasih. Yang tidak terbatas pada manusia namun juga binatang dan seluruh alam. Manusia sebagai mahkluk social kita harus hidup konkrit. Kita harus berterimakasih atas amanah yang diberikan oleh tuhan. Sebelum kita memperhatikan orang orang yang jauh kita perhatikan dulu terhadap orang orang terdekat . Win win solution atau musyawarah. Bagaimana hidup Bersama Jadi para pendiri bangsa telah berhasil Menyusun filisofi bangsa.  Tiap tiap sila diusulkan maing masing orang. Bagi moh yamin, semua bagian adalah dasar.  Soepomo, Indonesia bukan negara kapital ataupun komunis.  Dasar ontologis seperti tersirat kehendak untuk mencari titik temu dalam keberangaman dan Indonesia yg majemuk untuk hidup Bersama.

Kenapa Pancasila yang diajarkan sejak lama namun masih banyak pertengkaran terjadi bahkan di kondisi pandemic. Karena pada diri manusia ada insting insiting kejahatan animal spirit. Genetic kita memiliki sifat sifat primata, mengendap rasa hewani. Hanya ingin begaul dengan warna kulit sama, kecintaan untuk membentuk hirarki. Dan rakyatnya terkadang juga menikmati. Kalua kita hidup seperti itu, kita bekerja sama hanya untuk kepentingan diri sendiri . Jika kita membayangkan kehidupan harmonis kita mempunyai hubungan etis dengan jaringan jaringan yang etis. Pada diri manusia ada kedirian yang sifatnya personal dan public. Manusia diberkati tuhan dengan segala jenis kecerdasan. Dan setiap orang dengan kecerdasan harus memiliki moral popouse mengapa tuhan menciptakan dirinya. Misalnya pintar matematika atau bidang bidang lainnya.

Mendidik pikiran tidak mendidik hati, bukan Pendidikan samasekali  Soekarno menggambarkan pencarian Pancasila berbeda beda dari berbagai kota Di rumah cokroaminoto gagasan nasionalisme terbentuk. Ketika di penjara beliau merenung untuk persatuan bangsa Indonesia, Ketika di asingkan juga. Artinya proses kelahiran Pancasila adalah proses yang Panjang. Apa relevansi Pancasila dalam kemajuan zaman di era globalisasi. Corona membuat kita memiliki cara berpikir yang terbuka. Yang sebelumnya kita hanya mementingkan diri sendiri. Ternyata kita ini hidup. Bersama orang lain kita tumbuh Bersama. Ada batas batas kekuatan militer dan ekonomi. Negara yang memiliki identitas nasional.

Jangan sampai nilai hewani kita yang mendominasi namun nilai kemanusiaan dan hewani harus seimbang.

2 komentar:

Penggunaan Huruf Kapital

 Huruf Kapital menurut PUBI Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia 1. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama awal kalimat.       Misalnya:...